Thursday, May 1, 2014

Obat Untuk Rhinitis Vasomotor

Cara Mengobati Rhinitis Vasomotor

Vasomotor rhinitis adalah suatu bentuk peradangan dan iritasi pada area hidung dan sekitarnya. Kondisi vasomotor rhinitis berbeda dari rhinitis alergi karena biasanya tidak disebabkan oleh alergen pemicu yang umum ditemui. Sehingga vasomotor rhinitis ini sering kali dimasukan dalam kategori “non-allergic rhinitis”.

Gejala vasomotor rhinitis ini sama seperti gejala pada rhinitis alergi, seperti sering bersin-bersin terus, hidung meler, mampet, dll, akan tetapi seringkali di sebabkan oleh sensitivitas yang sangat tinggi yang menyebabkan banyaknya jumlah pembuluh darah dalam jaringan di area sekitar hidung atau di area sinus. Vasomotor rhinitis ini sering kali lebih dipicu oleh sistem saraf yang sensitif dari pada dipicu oleh suatu alergen.

Artinya bahwa penderita vasomotor rhinitis sering kali terjadi pada orang-orang yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap hal-hal tertentu, seperti faktor perubahan suhu/temperatur, faktor bau-bauan yang menyengat, asap rokok, dan lain-lain. Contohnya yaitu dulu sebelum saya sembuh dari vasomotor rhinitis, saya sering kali bersin-bersin terus di pagi hari yang bersuhu dingin dan juga disertai hidung mengeluarkan lendir/ingus.

Kondisi tersebut merupakan gejala dari vasomotor rhinitis yang dipicu oleh tubuh yang sensitif terhadap suhu udara yang dingin. Selain itu, dulu saya juga sering kali bersin-bersin jika terkena udara dingin dari AC dan jika setelah mandi, terkena suhu dingin sedikit saja langsung bersin-bersin, walaupun tidak setiap hari.

Pada beberapa kasus tertentu, seseorang juga bisa menderita rhinitis alergi dan juga menderita vasomotor rhinitis secara bersamaan.

Seseorang bisa dikatakan mengidap vasomotor rhinitis jika:
  1. Anda sangat sensitif terhadap suhu dingin, perubahan temperatur/suhu udara disekitar, perubahan cuaca, sensitif pada bau-bauan yang menyengat seperti bau parfum tertentu, bau sabun tertentu, dll.
  2. Anda sering bersin-bersin di pagi hari setelah bangun tidur, hidung meler, hidung mampet, sedikit gatal, mata sedikit perih, dll.
  3. Sudah meminum obat-obatan antihistamin kimia dari dokter/apotek dan obat pilek/flu tapi bersin-bersin datang kembali.

Adakah Obat Rhinitis
Vasomotor ?

Jika Anda pergi ke dokter THT, biasanya Anda akan diberikan obat-obatan antihistamin kimia/sintetis dan obat semprot/nasal spray yang harganya cukup mahal. Namun semua obat-obatan tersebut hanya meringankan gejala sementara dan tidak menyembuhkan.

Jika Anda ingin mengetahui cara mengobati vasomotor rhinitis secara alami, saya sarankan Anda membaca ebook mengatasi bersin yang di jual di www.mengatasibersin.com, informasin panduan didalamnya sudah membantu saya sembuh dari gejala-gejala vasomotor rhinitis. Saran saya silahkan anda coba baca dan ikuti panduan yang ada didalamnya siapa tahu Anda pun bisa sembuh dari bersin-bersin dan gejala rhinitis lainnya.

4 comments:

  1. Setiap pagi saya selalu bersin-bersin, setelah kira-kira jam 11 siang biasanya tidak lagi. Saya hidup di daerah yang bersuhu 25 - 34 derajat C, apakah saya juga menderita rhinitis vasomotor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan besar anda menderita gejala rinitis vasomotor.

      Delete
  2. Aku perempuan usia 20 tahun. Aku mo nanya nie...
    sekitar 2 bulan yg lalu aku mulai sering bersin-bersin, padahal aku ga dalam keadaan sakit, dan bersinku itu cuma datang tiap pagi bangun tidur dan malam. Apakah aku juga terkenea rhinitis vasomotor ya? makasih buat yg mo jawab pertanyaanku..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasi dan sarannya, sangat membantu. :)

    ReplyDelete