Thursday, May 1, 2014

Rinitis Vasomotor: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rinitis merupakan istilah medis yang berarti peradangan membran selaput lendir pada hidung. Rinitis bisa terjadi dalam beberapa cara, bisa terjadi karena virus (penyakit flu), bisa terjadi karena alergi (Rinitis Alergi), dan juga bisa karena faktor lain yang sifatnya non-infeksi dan juga bukan alergi (Rinitis Non-alergi). Pada artikel ini, saya hanya akan membahas jenis Rinitis Non-Alergi, yaitu Rinitis Vasomotor.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak orang yang mengalami gejala rinitis vasomotor, seperti sering bersin-bersin di pagi hari, hidung tersumbat dan hidung meler banyak mengeluarkan lendir namun bukan karena flu ataupun karena alergi. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala dari rhinitis non-alergi atau rhinitis vasomotor.

Rinitis vasomotor terjadi akibat pembuluh darah pada membran hidung jadi membesar atau meluas. Pembuluh darah yang meluas tersebut akan menyebabkan pembengkakan pada hidung dan mengakibatkan kemacatan serta hidung jadi serasa mampet/tersumbat.

Penyebab Rinitis Vasomotor

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menderita rhinitis vasomotor, beberapa faktor yang paling umum adalah gangguan pada lingkungan seperti suhu udara dingin, perubahan temperatur, perubahan cuaca, tekanan udara, bau/wangi meyengat seperti bau sabun tertentu misalnya, parfum, perubahan hormon dan juga faktor keaadaan emosional.

Diagnosa Penyakit Rinitis Vasomotor

Rinitis di diagnosa berdasarkan dari gejala yang dirasakan dan kapan hal tersebut terjadi. Pada rinitis alergi misalnya, dokter akan menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan riwayat alergi pasien, serta kapan dan dimana gejala seperti bersin-bersin bisa muncul. Selain itu, jika memang diperlukan dokter juga akan melakukan tes alergi pada pasiennya. Dan jika hasilnya negatif tidak ada alergi signifikan yang menimbulkan gejala rinitis alergi, maka kemungkinan besar pasien tersebut menderita rhinitis vasomotor yang mana bukan disebabkan faktor alergi.

Cara Mengatasi Rinitis Vasomotor

Pengobatan rhinitis vasomotor tergantung dari seberapa buruk kondisi yang di alami. Untuk gejala ringan mungkin bisa dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan jika gejalanya cukup parah dan sangat mengganggu aktivitas seperti sering bersin-bersin terus dan sering ingusan seperti pilek, maka bisa mengkonsumsi obat-obatan anti histamin dan menggunakan obat semprot hidung dengan resep dokter.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi gejala rinitis vasomotor khususnya gejala sering bersin-bersin secara alami dengan melakukan treatment-treatment tertentu yang bisa membuat sistem saraf vasomotor tidak sensitif lagi terhadap suhu dingin. Untuk informasi lebih detail saya sarankan Anda membaca ebook mengatasi bersin yang bisa Anda beli di www.mengatasibersin.com.

Harga ebook tersebut sangat murah dan di dalamnya terdapat panduan lengkap cara mengatasi bersin-bersin akibat rhinitis vasomotor secara alami sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan efeke samping obat.

3 comments:

  1. Apakah penyakit rhinitis vasomotor ini bisa disembuhkan secara total? Mengingat saya udah sering bersin-bersin sejak dulu.

    ReplyDelete
  2. Beberapa hari ini, setiap pagi saya kerap bersin-bersin tapi tidak diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing batuk maupun lainnya, dan sepertinya saya menderita rhinitis vasomotor.

    ReplyDelete
  3. Penyebab utamanya apa ya, masih bingung, aku juga suka berin-bersin terus nih.

    ReplyDelete